Begal Beraksi Di Jalan Basuki Rahmat Palembang Anggota Polisi Jadi Korban

Tersangka Agus (duduk di kursi roda) usai mendapat perawatan medis atas luka tembak di kakinya. (foto-dedy/koransn)

TRANSFORMASINEWS.COM, PALEMBANG – Petugas Sat Reskrim Polsek Kemuning, Jumat (18/10/2019) meringkus lima pelaku yang membegal anggota kepolisian Polsek Kemuning Brigadir Aji yang terjadi di Jalan Basuki Rahmat Palembang, Kamis malam (17/10/2019).

Kelima pelaku begal tersebut, yakni Agus (35) dan Doni Hidayat (25). Kedua tersangka ini terpaksa dilumpuhkan kakinya dengan ditembak, hal tersebut dikarenakan keduanya melakukan perlawanan saat ditangkap.

Sementara tiga pelaku laki-laki lainnya yang juga diringkus merupakan anak di bawah umur, berusia 17 tahun dan 16 tahun.

Kapolsek Kemuning Palembang, AKP  Robert P Sihombing didampingi Kanit Reskrim Iptu Arlan Hidayat mengatakan,  kelima tersangka tersebut merupakan

para pelaku yang membegal anggota Opsal Polsek Kemuning Brigadir Aji, yang saat kejadian korban sedang melakukan patroli hunting mengendarai sepeda motor di Jalan Basuki Rahmat Palembang.

“Jadi pada Kamis malam kemarin Brigadir Aji yang sedang patroli di Jalan Basuki Rahmat dihadang kelima pelaku ini. Kemudian kelimanya mengeluarkan senjata tajam hendak membegal Brigadir Aji,” katanya saat merilis penangkapan kelima pelaku di Rumah Sakit Bayangkara Palembang.

Masih dikatakan Kapolsek, saat kejadian para pelaku juga menendang kendaraan yang dikemudikan oleh Brigadir Aji.

“Brigadir Aji kemudian memberikan perlawan sembari teriak jika dia Polisi. Setelah itu para pelaku berlari dari lokasi kejadian,” ujarnya.

Dijelaskannya, usai kejadian Brigadir Aji berkoordinasi dengan anggota Sat Reskrim hingga pelaku langsung dilakukan pengejaran.

“Dalam pengejaran tersebut kelima pelaku berhasil ditangkap di lokasi yang berbeda,” ujarnya.

Lebih jauh dikatakan Kapolsek, dari hasil pemeriksaan kelima pelaku diketahui jika komplotan begal ini sudah melakukan aksi begal sebanyak lima.

“Lima lokasi aksi begal tersebut dilakukan para pelaku di tempat yang berbeda di Kota Palembang, diantaranya di Jalan Basuki Rahmat. Adapun modus para pelaku, yakni dengan cara keliling mencari korban yang akan dibegal yang dimulai para pelaku pukul 00.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB.

Apabila bertemu korban yang mengendarai sepeda motor seorang diri, saat itu para pelaku melancarkan aksi begal dengan mengancam korbannya menggunkan senjata tajam,” jelasnya.

Lanjut Kapolsek, kini kelima tersangka beserta barang bukti telah berhasil diamankan pihakanya.

“Kelimanya langsung kita bawa ke Polsek Kemuning untuk diproses hukum lebih lanjut,” tegasnya.

Sementara tersangka Doni Hidayat mengatakan, jika dirinya hanya melakukan dua kali aksi begal bersama empat pelaku lainnya.

“Dari lima aksi begal tersebut saya hanya ikut dua kali. Kalau untuk setiap sepeda motor yang berhasil kami begal dijualkan oleh Agus. Lalu uang hasil menjual motor tersebut kami bagi lima,” tandasnya. 

Sumber: koransn.com (ded)

Editor: A.Aroni

Posted by: Admin