Warga Minta Timsel KPU OKI Dibatalkan

Ancam Gugat KPU Sumsel Ke DKPP.

Kayuagung – Sejumlah elemen masyarakat Kabupaten OKI meminta hasil penetapan tim seleksi Calon Anggota  KPU OKI periode 2014-2019 yang telah ditetapkan oleh KPU Sumsel dibatalkan. Pasalnya, hasil penetapan timsel dinilai tidak obyektif,  penuh rekayasa dan sarat dengan kepentingan yang diduga berasal dari “pesanan” pihak-pihak tertentu.

Tokoh Masyarakat OKI, Jamalludin menilai seleksi yang dilakukan sangat tidak fair dan sangat kental unsure nepotisme, bahkan tidak ada sekalipun dilakukan proses seleksi untuk orang-orang yang nantinya akan memilih komisioner KPU OKI lima tahun kedepan.
“Saya tidak mengerti bagaimana cara KPU Sumsel melakukan penyeleksian, sebab menurut salah satu anggota timsel yang dinyatakan lulus mereka tidak pernah mengikuti seleksi,  ini jelas ada konspirasi antara anggota KPU dengan pihak berkepentingan untuk meloloskan nama timsel. Untuk itu kami minta timsel yang ada dibatalkan,”jelas nya.

Jika memang seleksi timsel KPU tidak fair dan berbau aroma nepotisme, lanjut dia, pihak terkait lainnya dapat menggugat keputusan pleno KPU Sumsel ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Sebab, anggota KPU Sumsel dinilai sudah melanggar kode etik pemilu.

Salah seorang anggota Timsel KPU OKI yang lulus, M Room mengaku, dirinya terkejut saat mengetahui lolos sebagai anggota Tim Sel KPU OKI, padahal dirinya tidak pernah sekalipun mengikuti seleksi. “Saya tidak pernah ditest atau mengikuti seleksi dan tidak pernah mengirimkan berkas ke KPU Sumsel untuk mengikuti bakal anggota tim seleksi, tiba-tiba beberapa hari yang lalu nama saya ada di pengumuman, saya siap mundur dari anggota timsel.” Tandasnya,

Terpisah, Bupati OKI Ir H ishak Mekki  kemarin merasa kaget dengan hasil pengumuman anggota Timsel KPU OKI, menurutnya KPU Sumsel hendaknya sebelum menetapkan anggota timsel berkoordinasi dengan pemkab OKI karena keempat orang yang lolos berstatus PNS. “Saya tidak tahu mestinya KPU Sumsel harus koordiinasi dahulu dengan Pemerintah Daerah maupun KPU OKI, apalagi yang terpilih empat orang berstatus PNS di OKI.” Ujar Ishka. (palembang-pos)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>